Penyebab Paling Umum Sakit Tenggorokan Sebelah

Sakit tenggorokan rasanya menjengkelkan dan menyiksa. Terlebih jika hanya satu sisi saja yang terasa sakit. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan sebelah yang paling umum


Kondisi yang menyebabkan sakit tenggorokan sebelah

1. Postnasal drip (lendir di belakang hidung dan tenggorokan)

Postnasal drip adalah penumpukan lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menetes ke dalam tenggorokan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh rhinitis alergi atau infeksi tertentu.
Jika lendir yang menumpuk tidak bisa mengalir dengan baik, maka saluran tenggorokan akan tersumbat dan menyebabkan batuk. Ini bisa menyebabkan tenggorokan sakit sebelah, terutama di pagi hari setelah tidur dengan posisi miring.
Postnasal drip diatasi dengan mengobati penyebabnya. Sementara itu, Anda bisa meredakan gejalanya dengan minum dekongestan, seperti pseudoephedrine untuk mengencerkan lendir tersebut.

2. Radang amandel
 
Anda memiliki dua buah amandel (tonsil) yang ada di setiap sisi tenggorokan, tepat di belakang lidah. Ketika salah satu amandel meradang dan membengkak karena infeksi virus atau bakteri, tenggorokan akan terasa sakit di sisi amandel tersebut.
Sebagian besar radang amandel akibat virus dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 10 hari. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk meredakan gejalanya, atau dengan berkumur pakai air garam. Radang amandel yang diakibatkan infeksi bakteri bisa ditangani dengan antibiotik resep dokter.

3. Abses peritonsil
 
Abses peritonsil adalah infeksi bakteri yang biasanya berwujud benjolan berisi nanah yang tumbuh di dekat salah satu amandel Anda. Kondisi ini paling sering ditemukan pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.
Abses peritonsil dapat menyebabkan sakit tenggorokan sebelah. Rasa sakit biasanya jauh lebih buruk pada sisi amandel yang terkena.
Orang dengan kondisi ini memerlukan perhatian medis segera. Dokter Anda kemungkinan akan menggunakan jarum atau sayatan kecil untuk mengalirkan nanah dari daerah yang terkena. Anda mungkin juga diresepkan antibiotik setelah abses dikeringkan.

4. Laringitis
 
Laringitis adalah radang kerongkongan yang disebabkan oleh pembengkakan pita suara sehingga suara menjadi serak. Pita suara bisa meradang karena iritasi akibat terlalu banyak digunakan (untuk bernyanyi, berbicara, bahkan berteriak) atau karena infeksi virus.
Anda memiliki dua pita suara di laring Anda yang biasanya terbuka dan menutup dengan lancar untuk membuat suara. Bila pita suara menjadi bengkak atau teriritasi, selain suara serak Anda juga mungkin mengalami sakit tenggorokan hanya di satu sisi.
Laringitis biasanya hilang dalam waktu 2-3 minggu, tapi penyakit ini dapat bertahan lebih lama, sehingga disebut dengan laringitis kronis. Laringitis kronis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, tergantung penyebabnya.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening
 
Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh infeksi, seperti radang tenggorokan. Terkadang hanya satu kelenjar getah bening yang akan membengkak, menyebabkan sakit tenggorokan di satu sisi saja.

Dalam kasus yang jarang terjadi, pembengkakan kelenjar getah bening mungkin merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih parah, seperti kanker atau HIV. Maka, cara terbaik untuk mengetahui apa penyebab sakit tenggorokan sebelah adalah dengan periksa langsung ke dokter. 

Penyebab Paling Umum Sakit Tenggorokan Sebelah Penyebab Paling Umum Sakit Tenggorokan Sebelah Reviewed by lydiapradita on Maret 16, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.