7 Tips Cerdas Membeli Rumah Impian Anda


Membeli lokasi tinggal merupakan khayalan semua orang. Maklum, jumlah dana yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Apalagi andai Anda baru saja menikah,pastinya tidak nyaman andai tinggal bareng orang tua, sehingga lokasi tinggal kesatu menjadi lokasi tinggal impian.
Membeli rumah ialah sebuah keputusan besar. Pastikan kondisi finansial Anda untukkeperluan hidup keseharian tidak terganggu saat sedang melakukan pembelian rumah, maupun setelahnya.

7 Tips Cerdas Membeli Rumah Anda

1. Memilih Lokasi
Lokasi adalahhal yang penting saat kita melakukan pembelian rumah. Pemilihan lokasi sehubungan erat dengan seberapa jauh jarak kita dari lokasi kerja,fasilitas akses transportasi, ketersediaan kemudahan umum, aman tidaknya dari bahaya banjir.

Tips melakukan pembelian rumah ini didasarkan oleh kemacetan yang terjadi di Jabodetabek. Kemacetan yang terjadi di Jabodetabek menciptakan sarana pilihan transportasi menjadi urusan yang mesti dipertimbangkan.

Saat ini, semua penduduk di dekat Jakarta dapat merasakan commuter line mengarah ke Serpong, Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Di samping itu, semua komuter jugadapat menikmati busway TransJakarta yang melayani wilayah pinggir Jakartalaksana BSD, Bekasi, Depok, dan Bekasi.

2. Harga Rumah
Sesuaikan harga lokasi tinggal dengan budget yang anda miliki. Rumah yang mempunyai harga murah seringkali terletak di pinggiran kota. Sebagian orangterdapat yang tidak masalah bermukim di pinggiran kota asal harga rumahnya masuk budget mereka. Sebaliknya ada pun yang memilih melakukan pembelian apartemen di tengah kota supaya dekat dengan tempat kerja, jadi tidak terlampau lelah danongkos operasional tidak setinggi andai tinggal di luar kota.

3. Cek Reputasi Developer (Pengembang)
Tips melakukan pembelian rumah lainnya yaitu, sebelum melakukan pembelian rumahterdapat baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu reputasi pengembang. Bagaimana sejarah developer selama ini? Apakah tidak jarang terlambat guna serah terima rumahnya? Perhatikan pun kualitas bangunannya, Anda dapat mengeceknya melewati testimoni tentang pengembang itu di internet.

4. Membeli Rumah guna Ditempati atau Investasi?
Jika kita bertujuan melakukan pembelian rumah untuk lokasi tinggal, maka Andabisa memilih lokasi tinggal di pinggir kota. Namun, andai Anda melakukan pembelian rumah guna investasi maka lokasi kota masih menjadi opsi terbaik.

5. Cara Pembayaran
Ada sejumlah cara pembayaran lokasi tinggal yang seringkali ditawarkan olehdeveloper yaitu tunai keras, tunai bertahap dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).Untuk Anda yang memiliki finansial yang cukup, teknik bayar tunai keras pasti menjadi pilihan. Pengembang akan menyerahkan diskon yang lumayan besar andai Anda melakukan pembelian dengan teknik ini. Tapi untuk yang memiliki finansial pas-pas an teknik bayar KPR dan tunai bertahap dapat menjadi pilihan.

Membeli lokasi tinggal dengan KPR akan menolong Anda mewujudkan khayalan mempunyai rumah cocok dengan khayalan Anda. Presentase angsuran yang sehatialah 30 % dari penghasilan. Jika kita lajang presentasi KPR dapat lebih dari 30 %.

KPR lokasi tinggal umumnya menawarkan angsuran dengan bunga tetap (fixed rate) dalam sejumlah tahun di mula masa kredit sebelum menerapkan bunga mengapung (floating rate) cocok dengan bunga pasar. Pastikan anda memilih durasi fixed rate yang cocok dengan keterampilan dan kenyamanan anda dalam menyicil. Kemudian, kita pun dapat memilih jangka masa-masa kredit antara 15 tahun, 20 tahun, atau bahkan hingga 30 tahun, cocok dengan keterampilan kita membayar angsuran setiap bulan.

Anda juga dapat manfaatkan promo properti yang berlaku di masa-masa tertentu. Beberapa developer misalnya, menerapkan promo angsuran down payment (DP) lokasi tinggal 1,5 tahun sekitar pembelian di penghujung tahun. Ada pula developer yang memberlakukan angsuran DP lokasi tinggal selama tiga kali.

6. Mendatangi Pameran Properti
Kunjungi pameran properti dan lokasi tinggal yang diadakan. Disana Anda dapat dengan leluasa memilih pelbagai pilihan lokasi tinggal yang cocok dengankriteria. Dengan melihat sekian banyak  pilihan, Anda dapat mengkalkulasikelemahan dan keunggulan rumah-rumah yang telah unik perhatian Anda. kita jugadapat bertanya-tanya langsung dan menemukan informasi lebih jelas tentang rumah yang sedang kita cari.

7. Biaya Lain-lain
Tips melakukan pembelian rumah berikutnya ialah menyiapkan ongkos lain-lain. Ketika kesatu kali melakukan pembelian rumah, persiapkanlah paling tidak duit tunai sebesar 30% sampai 40% dari harga lokasi tinggal tersebut. Uang tunai inibakal akan dipakai untuk menunaikan down payment, angsuran kesatu, pajak, danongkos lain-lain termasuk ongkos notaris.
7 Tips Cerdas Membeli Rumah Impian Anda 7 Tips Cerdas Membeli Rumah Impian Anda Reviewed by lydiapradita on Agustus 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.