Bahaya Berkendara Sepeda Motor Mengenakan Rok Atau Baju Terusan


Seorang pengendara sepeda motor telah sewajibnya mengenakan kelengkapan berkendara yang ideal. Mulai dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu yang menutupi mata kaki, sampai celana panjang. 

Bukan tanpa alasan, perangkat tersebut untuk menunjang keselamatan ketika berkendara. Khususnya celana panjang yang dapat mengawal gerak bebas kaki saat bermanuver. 

Namun tidak tidak banyak pengendara wanita yang malah mengenakan rok atau baju terusan panjang guna berkendara. Padahal dengan menggunakannya, gerak kaki bakal terbatas.

"Karena rentan cedera, pakaian paling tidak orang mengemudikan sepeda motor yang ideal ialah jaket berbahan denim hingga celana jeans, di luar tersebut tidak termasuk kelompok ideal atau minimum," buka pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC).

Jusri menambahkan, adanya persyaratan berkendara paling tidak ini sebab tidak barangkali setiap pengendara mengenakan jaket safety gear laksana yang dikenakan pebalap motor untuk kegiatan sehari-hari. 

"Kalau bicara ideal tersebut menggunakan jaket balap, hanya kan tidak barangkali untuk sehari-hari sebab panas dan berat. Maka minimumnya pakai pakaian yang tidak ribet dan nyaman dikenakan, misalnya jaket denim itu," pungkasnya.

"Denim tersebut lebih tebal bahannya dibanding kain lain, pun tahan terhadap gesekan, sangat tidak dapat mengurangi abrasi kulit bergesekan dengan permukaan keras laksana aspal," tambah Jusri.

Sementara menyoal baju terusan panjang yang bawahnya terumbai, Jusri mengibaratkannya laksana jas hujan model ponco yang bisa melambai-lambai berpotensi tercantol pada roda atau komponen penggerak. 

Begitu juga dengan rok. Pakaian yang satu ini ingin membuat pengendara bakal terbatas gerakannya saat bermanuver. "Rok pun tidak ideal, ruang geraknya terbatas sebab perempuan fobia terlihat dan mengupayakan menutupinya dengan gerakan terbatas, sebenarnya bermotor tersebut perlu bergerak bebas," imbuh Jusri.

Intinya, berkendara memakai pakaian terusan panjang atau rok paling tidak disarankan ketika berkata keselamatan berkendara. 

"Tidak direkomendasikan sebab tidak menginjak level ideal, jadi bila pakai baju enggak aman mestinya diciptakan aturan, bila enggak ada ketentuan hukum, polisi tidak bisa menindak," tutup Jusri.
Bahaya Berkendara Sepeda Motor Mengenakan Rok Atau Baju Terusan Bahaya Berkendara Sepeda Motor Mengenakan Rok Atau Baju Terusan Reviewed by lydiapradita on November 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.